Sunday, May 28, 2006

Hal-hal Yang Menguatkan Ukhuwah Islamiyah

1. Memberitahukan kecintaan kepada yang kita cintai
Hadist yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik bahwa Rasulullah bersabda : “Ada seseorang berada disamping Rasulullah lalu salah seorang sahabat berlalu didepannya. Orang yang disamping Rasulullah tadi berkata : ‘Aq mencintai dia, ya Rasulullah’, Lalu Nabi menjawab : ‘Apakah kamu telah memberitahukan kepadanya?’, Orang tersebut menjawab : ‘Belum’. Kemudian Rasulullah bersabda : ‘Beritahukan kepadanya’. Lalu orang itu memberitahukan kepadanya seraya berkata ; ‘Sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah’. Kemudian orang yang dicintai itu menjawab : ‘Semoga Allah mencintaimu karena engkau mencintaku karenaNya”.

2. Memohon didoakan bila berpisah
“ Tidak seorang hamba mukmin berdoa untuk saudaranya dari kejauhan melainkan malaikat berkata : ‘Dan bagimu juga seperti itu”. (H.R. Muslim)

3. Menunjukkan kegembiraan dan senyuman bila berjumpa
“ Janganlah engkau meremehkan kebaikan (apa saja yang datang dari saudaramu), dan jika kamu berjumpa dengan saudaramu maka berikan dia senyum kegembiraan”. (H.R. Muslim)

4. Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non muhrim)
“ Tidak ada dua orang mukmin yang berjumpa lalu berjabat tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah”. (H.R. Abu Daud dari Barra’)

5. Sering bersilaturahmi (mengunjungi saudara)
Imam malik meriwayatkan : Berkata Nabi bahwa Allah berfirman : “Pasti akan mendapatkan cintaKu orang-orang yang mencintai karena Aku, dimana keduanya saling berkunjung karena Aku dan saling memberi karena Aku”.

6. Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu
“Hendaklah kalian saling memberi hadiah karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati”. (H.R. Imam Dailami dari Anas)

7. Memperhatikan saudaranya dan membantu keperluannya
“Siapa yang meringankan beban penderitaan seorang mukmin didunia pasti Allah akan meringankan beban penderitaan diakhirat kelak. Siapa yang memudahkan orang yang dalam keadaan susah pasti Allah akan memudahkan urusannya didunia dan akhirat. Siapa yang menutupi aib seorang muslim pasti Allah akan menutupi aibnya didunia dan akhirat. Dan Allah akan selalu menolong hambaNya jika hamba tersebut menolong saudaranya”. (H.R. Muslim)

8. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya
“Hak seorang muslim atas muslim ada enam, yaitu jika bertemu maka ucapkanlah salam kepadanya, jika diundang aka penuhilah, jika dinasehati maka nasehati pulalah dia, jika bersin maka doakanlah, jika sakit kunjungilah, dan jika meninggal maka antarkanlah kekubur.” (H.R. Muslim dan Abu Hurairah)

9. Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan
“Barang siapa mengucapkan selamat kepada saudaranya ketika saudaranya mendapat kebahagiaan niscaya Allah menggembirakannya pada hari kiamat”. (H.R. Thabrani)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home