Friday, September 16, 2005

Carrefour VS Giant Lebak Bulus


Satu bulan sudah para pengguna jalan perempatan Lebak Bulus menyaksikan geliat semarak pertarungan “The BIG Retail” Carrefour dan Giant sejak dibukanya Supermarket Giant di Point Square lebak Bulus pada tanggal 12 Agustus 2005 tepat didepan lawan main bisnisnya Carrefour. Pastilah berbagai macam berkomentar dari banyak orang mengenai hal itu, senang dengan semakin banyaknya pilihan tempat rekreasi belanja, atau malah membuat tambah bingung mau belanja dimana. Tetapi untuk saya sebagai pelaku bisnis kecil-kecilan tidaklah sesimple itu. Bisik hati mengatakan ini merupakan hal yang sangat luar biasa, dan jari2 tangan ini sudah amat gatal rasanya ingin mengetikkan kata perkata mengenai komentar pertarungan yang sengit ini. Sekaranglah waktunya…

Setiap pilihan pastilah ada resiko baik dan buruknya, dan setiap pilihan besar akan semakin besar pula resiko yang akan didapatkan. Entah karena pertimbangan apa para manajerial Giant berani mengambil pilihan yang teramat berani untuk membuka cabang baru tepat didepan Carrefour. Mungkin karena memang disitu merupakan tempat yang sangat potensial karena diapit oleh berbagai macam perumahan elite dan ditambah lagi dengan akan berdiri sebuah apartemen mewah Point Square tepat dibelakangnya, yang so pasti para penghuninya bakalan dijadikan target utama karena letaknya yang sangat berdekatan.
Para target konsumen itu pastilah tidak seratus ataupun dua ratus ribu dalam membelanjakan uangnya ditempat itu. Jutaan bahkan. Inilah mungkin yang dijadikan alasan pertama dan yang utama oleh mereka. Tapi apakah selama ini Carrefour sebagai pendahulunya kurang dapat menampung para konsumen tersebut…begitu membludakkah…tidak juga rasanya. Maka konsumen akan terpecah menjadi dua. Siapa yang dapat memberikan kualitas dan pelayanan yang terbaik, pasti itulah yang akan meraup konsumen dan keuntungan lebih banyak.

Berbagai cara dan upaya dilakukan agar dapat menarik jiwa konsumerisme targetnya. Cara baik ataukah buruk…? Spanduk-spanduk bertebaran disepanjang pagar masing-masing. Berbagai potongan harga produk dan belum lagi hadiah yang menggiurkan yang dapat membangkitkan gairah konsumtif mereka lebih meninggi lagi. Konsumen akan menjadi lebih royal, dan menjadi lebih dan lebih banyak lagi dalam berbelanja. Giant memberikan tawaran hadiah utama berupa mobil Suzuki APV yang akan diundi setiap bulannya sampai batas waktu yang ditentukan. Sedangkan Carrefour memberikan iming-iming hadiah sampai dengan milyaran rupiah. Tak terpikirkan berapa cost tambahan yang harus dikeluarkan oleh mereka untuk mendanai pertempuran besar ini.Untuk menambah pelayanan, Carrefour juga membuat peraturan baru dengan buka sampai pukul 24.00, Giantpun menyusul kemudian. Apa ga ngantuk ya…

Sampai saat ini belum banyak keunggulan dan kelemahan masing-masing pemain yang bisa dikomentari. Maklum saya bukanlah pembelanja yang baik. Mungkin Anda harus merasakannya sendiri. Tapi dua hal yang menjadi keunggulan Carrefour dibandingkan dengan Giant, yaitu memiliki tempat yang lebih luas sehingga menjadi lebih leluasa berbelanja dan Parkirannya gratis!!!

Siapakah yang akan diuntungkan dari pertarungan besar ini…? Para konsumenkah…? Belum tentu…Mungkin saja dibalik itu para pemain begitu lihai dalam membuat skenario kerjasama diantara keduanya dan memainkan perannya dengan begitu profesional agar tidak ada yang dirugikan satu sama lain. Itulah bisnis…
Kita lihat saja…sampai batas kapan pertempuran ini akan terus berlanjut. Apakah salah satu diantara mereka akan ada yang tumbang…? Atau mungkin… akan tetap eksis dan bertahan sampai era baru kemajuan pembangunan yang lain. Siaplah untuk menerimanya…

0 Comments:

Post a Comment

<< Home